Share |

Sumatera Barat atau yg biasa d sebut 'MINANGKABAU' adalah sebuah provinsi yang terletak di pulau Sumatera, Indonesia. Provinsi ini adalah provinsi terluas kesebelas di Indonesia, dengan ibukota Padang...
Sumatera Barat berada di bagian barat tengah pulau Sumatera dengan luas 42.297,30 km². Provinsi ini memiliki dataran rendah di pantai barat, serta dataran tinggi vulkanik yang dibentuk Bukit Barisan yang membentang dari barat laut ke tenggara. Kepulauan Mentawai yang terletak di Samudera Hindia termasuk dalam provinsi ini. Garis pantai Sumatera Barat seluruhnya bersentuhan dengan Samudera Hindia sepanjang 375 km. 
Provinsi ini memiliki aneka ragam tempat wiasata yg sangat indah dan diminati wisatawan...




 BERIKUT ADALAH BEBERAPA TEMPAT WISATA YG TERLETAK DI SUMATERA BARAT

KOTA PADANG LAMA
Adalah suatu yg sngat menyenangkan berkeliling d sekitar kota tua Padang, khususnya d skililing kampung china, daerah selatan dari pusat visnis dan hotel. sepanjang jalan, dimulai dr jl.Hiligoo dan kearah selatan jl.Pondok dan jl.Niaga. di daerah ini kamu akan menemukan pengobatan china dan kedai kopi yg berbeda, lantai kayu dan perabotan jati ditemani minuman dingin sepanjang panasnya hari. di ujung jl.Niaga, melingkar sungai sepanjang daerah muara, dahulu kapal tua belanda masih bisa membawa barang kecil utk masuk. berjalan sepanjang gudang tua menebarkan bau harum kayu manis dan rempah yg akan d kirim k jakarta dan singapura.


KLENTENG KWAN IM
 Di pusat kota padang terdapat sebuah tempat peribadatan masyarakat china yg di bangun pada tahun 1861 dan kemudian d renovasi oleh Mayor Lee Say setelah terjadi kebakaran tahun 1897. Hingga saat ini tempat ini menjadi suatu yg menarik bagi wisatawan karena dekat dr pusat kota.







MUSEUM ADITYAWARMAN

Museum ini berbentuk rumah tradisional minang yg besar "RUMAH GADANG" dengan lumbung dan dindingnya penuh ukiran dan atapnya juga bertanduk.di sisi dalam d pajang sesuatu yg antik, dan pakaian dari seluruh daerah sumatra barat. ada pemandu yg akan menjelaskan kepada ada sistem kekerabatan matrilineal d sumatera barat.






PANTAI PADANG
Padang mempunyai beberapa pantai yg indah. yg paling terkenal terletak d sebelah selatan padang. pantai yg bagus buat berenang, berperahu atau hanya melihat perahu nelayan pergi berlayar ke tengah laut d sore hari. pada hari libur pantai biasanya penuh dengan keluarga dan anak muda utk bersenang-senang menghabiskan akhir minggu mereka.







PANTAI AIR MANIS
Dari pelabuhan muara padang, perahu penangkap ikan menyusuri sungai. Ada suatu yg menarik d atas bukit, melalui kuburan china yg berwarna-warni, sepanjang alur bnyak pohon dan kecantikan alam yg permai, jalan d atas Gunung Monyet sejuk dan menyenangkan, dengan 45 menit berjalan, pantai Air manis sangat indah d pandang, meskipun demikian bukian yg terbaik utk berenang. Dan d pantai inilah kita dapat melihat secara lansung Batu Malin Kundang yg sdah mnjadi legenda d daerah sumatera barat.


PULAU SIKUAI
Pulau Sikuai merupakan kombinasi pantai dengan kelanjutan Bukit Barisan, Setiap tamu yg datang pasti disambut dengan suara hempasan gelombang laut yg exotis, sejalan dengan itu kicauan burung tropis.
sementara hamparan pasir putih yg cukup romantis. panorama perbukitan menambah kesejukan. selain itu ada restoran, jalan lingkar pulau utk bersepeda dan jogging., serta fasilitas olah raga air. semuanya mengasikkan para pengunjung yang datang ke Pulau Sikuai.


PANTAI PARIAMAN
Suatau teluk kira² 60 kilometer  sebelah utara padang, yang di kelilingi oleh bukit yang menyerupai menara d antara sawah yang indah dan menghampar jauh. yg menambah menarik teluk adalahnyaman, dg pasir putih yg d tumbuhi pohon kelapa.
Berenang dengan aman, air yg selalu hangat. ini adalah tempat yg sempurna utk relax, berjemur, berenang atau mandi, sangat nyaman utk berperahu, surfboats dan menyelam, dan berperahu pergi ke pulau-pulau terdekat.



PANTAI CAROCOK
Objek wisata pantai carocok painan terletak d kecamatanIV jurai Kabupaten Pesisir Selatandg jarak tempuh 75km dr Kota Padang. kawan ini berhadapan dengan 2 buah pulau yaitu pulau kereta dan pulau cingkuak. Dari kejauhan nampak pulau semangki dengan pemandangan yg indah dan airnya yg sangat bersih. dan apabila kita berada d puncak Langkisau akan tampak pemandangan yg sangat menakjubkan.




JEMBATAN AKA
Jembatan ini d sebut jembatan akar karna terbuat dr dua akar pohon yg d bentuk dari kecil d atas sungai yg alami. jembatan ini terletak 70km arah selatan dr Padang.
jembatan ini dapat dicapai dg berjalan d pinggir pantai k arah painan setelah melewati teluk bayur, perjalanan darat yg sempit,memutar beberapa bukit dan turun k pantai lg mngikuti tekukan sungai kecil. Di jalan beberapa panjang dan jembatan pejalan kaki d bangun penduduk utk menyebrangi sungai, sungguh mengesankan.
MENTAWAI
Empat pulau membentuk bagian pulau mentawai d pesisir pantai sumatera barat, siberut, sipora, pagai utara dan pagai selatan.
Masyarakat pulau ini masih tnggal d pedalaman, seperti para pendahulunya. Siberut menjadi populer sebagai suatu area utk melakukan perjalanan dan mengunjungi kultur masa lampau ini. sebuah pengetahuan yg bagus untuk mempelajari hutan alami, dihuni oleh binatang yg tak dapat d temui d dunia bagian lain, di antaranya spesies kera. Bukit karang indah bisa d temukan d lepas pantai.

BUKITTINGGI
Bukittinggi adalah kota budaya minang masa kini. kota ini adalah kota besar yg ada d dataran minang, dibangun d antara benteng Belanda Fort De Kock yg didirikan pada tahun 1825.
Bukittinngi berada dibawah garis khatulistiwa, Bukittinggi mempunyai udara sejuk yg menyenangkan, dan berada 900 meter dpl. dan para wisatawan menemukan keramahan d kota ini.ada bnyak tempat utk di kunjungi d kota ini, bisa d capai dg berjalan kaki, makanan yg enak dan pemondokan berkisar antara penginapan dan hotel bintang lima.

Sebagai pusat dataran tinggi minang, Bukittinggi sangat sempurna utk memulai menjelajahi dataran tinggi ini dalam sehari. Bukittinggi mempunyai banyak pilihan, salah satu yg terkenal adalah JAM GADANG yg berada d sekitar pasar dan mempunyai lingkungan yg serasi.disisi terdapat pasar yg ramai, pasar atas menjadi pusat pasar, dimana kamu dapat membeli apapun juga.
Terletak d pusat kota Bukittinggi terdapat JAM GADANG dalam bahasa dumatera barat berarti jam ini besar. Jam ini d bangun oleh Ducth pada tahun 1827. jam ini dapat di lihat dr pasar, dan rancangan minang selalu memakai tanduk kerbau dengan hiasan d atas jam tersebut.







BENTENG FORT DE KOCK
Benteng ini telah d bangun Belanda pada tahun 1825 utk mengalahkan Perang Padri. Lokasi yg besar ini telah d rubah menjadi taman dan pemandangan yg indah d Bulkittinggi serta bukit yg mengelilinginya. meriam tua tetap mempertahankanciri khas benteng ini utk menjadi salah satu lokasi terbaik d kota Bukittinggi utk melihat matahari terbenam.





LOBANG JEPANG
Terletak d tengah²taman panorama Bukittinggi, lobang ini dimpang siur d bawah bukit. Di bangunsepanjang pendudukan jepang oleh pekerja paksa indonesia. Orang minang menyebut goa ini dengan lubang. Dibangun sbg benteng pertahanan d sumatra. Anda memerlukan pemandu utk menjelaskan sejarah ruangan, dan berfungsi utk peringatan masa perang.






NGARAI SIANOK
 Ngarai ini memisahkan bukittinggi dg Gunung Singgalang. menara dg ketinggian 100-200 meter dan ngarai sepanjang 15 km. Tempat ini adalah salah satu lokasi plg mengesankan d sumatera barat, dan pemandangan terbaik dapat d lihat dr taman panorama Bukittinggi. Ada satu cara yg menyenangkan utk berjalan kedalam ngarai dan sepanjang sungai di dalamnya. Jalan kecil ini menuju desa koto gadang, desa dg pengrajin perak d sumatera barat.


NGALAU INDAH
Di jalan dari Bukittinggi ke Payakumbuh gua ini meluas ke dalam lereng gunung. tempat ribuan kelelawar yg tak dapat anda lihat tapi hanya bisa d dengardan merasa terbang menutupi kepalamu.
Di pintu masuk yg utama terdapat suatu batu berbentuk gajah yg kelihatan wajahnya, kesejukan dan kabut yg menyegarkan setelah panas d luar. jalur gua ini membawa ke puncak gunung dimana terdapat pemandangan yg indah.





LEMBAH HARAU
Datang dr provinsi riau, setelah melewati bukit barisan kita sampai d lembah harau, salah satu tempat wisat terkenal d kab 50 kota.
lembah ini belahan yg d kelilingi dinding granit setinggi lbh kurang 100m. Suatu yg sngat mengesankan d kelilingi oleh tebing yg tinggi ketika memasuki lembah. ada beberapa air terjun yg dapat d kunjungi.





DANAU MANINJAU
Dataran tinggi minang meliputi beberapa danau kawah yg indah. yg paling menarik utk mereka adalah Danau Maninjau. Danau berukuran 17 dari 8 kilo meter dikelilingi oleh tebing. lebih dr 500m terdiri dari tebing.
tempat ini dapat dicapai dg mudah dr bukittinggi, kira² satu jam perjalanan. Sepanjang perjanan angin danau berhembus dingin sampai ambun pagi. dari sini pemandangan atas danausangat menakjubkan. saat cuaca dingin danau gemerlapan seperti sebuah cermin, mencerminkan dinding tebing.

DANAU SINGKARAK
Danau yg lain ke arah solok. Air yg jernih dan tempat yg bagus utk berenang atau hanya berjalan sepanjang pinggiran danau. Kita dapat menaiki perahu utk berkeliling d sekitaran danau. Penginapan utk bermalam juga tersedia d sana.







DANAU KEMBAR
Kira² 30 km dr lubuk selasih kamiu akan menjumpai danau kembar. Ada sebuah simpang dimana kamu bs belok kanan, turun ke danau atas.
Masuk ke kiri akan membawamu ke panorama dimana kamu dapat melihat semua arah danau. Diatas bukit btumbuh sayuran yg menjadi sumber penghasilan masyarakat lokal.






ANAI RESORT & GOLF COURSE
Anai resort terletak 550m dpl. Anai resort terdapat lapangan golf yg terbaik standart Internasional dg 18 lubang, yg d rancang oleh arsitek golf terkenal Thomson dan Ferret.
Ada banyak fasilitas dapat ditemukan disini, seperti hotel mewah, bungalow pribadi, taman air dr mata air, kolam renang alami, tempat berkemah, hutan alami dg taman botani dan dapat mengendarai kuda.




RIMBO PANTI
Taman Wisata Alam yg terletak 30km dr Lubuk Sikaping yg dilewati oleh jalan Bukittinggi Medan. Luas taman wisata ini 570Ha. Di rimbo panti terdapat sumber air panas alami yg mendidih sehingga bagi para pengunjung dapat merebus telur hingga matang. Dan cagar alam seluas 3120 Ha yg memiliki berbagai jenis flora dan fauna dengan Herbariumnya. Pohon² besar d sekitarnya menghasilkan udara yg segar bagi para pengunjung.




PERKAMPUNGAN MINANGKABAU
Pusat dokumentasi dan informasi Minangkabau adalah suatu kampung Minangkabau dimana dua object tourisme yg membuat bangga tidak hanya utk Padang Panjang tetapi juga Sumatera Barat.
Ada dokumen tentang sejarah Minangkabau, yg banyak di kunjungi oleh wisatawan utk melakukan riset. Sedangakan Kampung Minangkabau adalah miniatur Minagkabau yg menunjukkan bagian asli dari Minangkabau di abad 19 dg berbagai format dan fungsi.


Selain tempat² wisata d atas masih bnyak pesona alam yg belum penulis tampilkan...ini hanyalah sebagian kecil dr tempat wisata yg berada d sumatera barat.
semoga pembaca merasa terhibur dan ingin menikmati tempat² wisata d Sumatera Barat.

Diposting oleh Jaya Maulana I @uda_marley Rabu, 16 Juni 2010

4 komentar

  1. aku Says:
  2. gue kngen k sikuai....lah lamo lo indak ah......

     
  3. wiwi Says:
  4. manTapz pak. . .
    biLo Yo bisa pai ka sado Tampek wisaTa Tu??

     
  5. thankz,,,,suatu saat pasti bs....

     
  6. ndeehh taragak bana kasado tampek ko pak,wak etong2 baru saparo lu nan lah pernah wak siggahi...

     

Posting Komentar

bermanfaatkah blog saya ini?

Subscribe here

Inspirasi Kehidupan

search

About Me

Foto Saya
Jaya Maulana I @uda_marley
Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia
a young man who stood like a fortress,,smile like a sunrise,,to understand other people like u'rself who understand d deepest
Lihat profil lengkapku

Facebook of Me

free counters